You need to enable javaScript to run this app.

Penguatan Akhlak Siswa MTsN 5 Kota Padang melalui Kultum di Bulan Ramadhan

  • Minggu, 09 April 2023
  • Humas MTsN 5 Kota Padang
Penguatan Akhlak Siswa MTsN 5 Kota Padang melalui Kultum di Bulan Ramadhan

Padang (MTsN 5 Padang) – Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan, ampunan dan rahmat Allah SWT. Berkaitan dengan datangnya bulan suci Ramadhan  1444 H, MTsN 5 Padang mengadakan serangkaian kegiatan keagamaan. Salah satu kegiatan yang dilakukan selama bulan Ramadhan adalah Kuliah Tujuh Menit (kultum). Kegiatan kultum dilaksanakan setelah sholat Isya berjamaah bertempat di masjid terdekat dengan tempat tinggal mereka. 

Kultum merupakan kegiatan ceramah agama dalam durasi waktu yang singkat. Kegiatan tersebut dilakukan guna meningkatkan ilmu dan penguatan akhlak siswa, sehingga mereka senantiasa menjadi manusia yang berakhlak baik. Kuliah tujuh menit merupakan upaya penyampaian ceramah dalam bentuk motivasi, nasihat, dan mempunyai makna yang mendalam.

Hanif Hidayah, Siswa MTsN 5 Kota Padang menunjukkan kepiawaianya sebagai Dai cilik, itu dibuktikannya pada hari Sabtu 8 April 2023 bertempat di Mushola Muhajirin, Jl.Tarok, Belimbing, Kec.Kuranji Padang. Disampaikan oleh Hanif dengan tema Keutamaan  Membaca Al Qur’an di Bulan Ramadhan. Dalam kultum tersebut, Ia menyampaikan tiga keutamaan  membaca Al Qur’an, “Dengan rajin membaca Al Qur’an, maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT, yang kedua, dengan membaca Alqur'an, rumah akan selalu bercahaya, dan ketiga Alqur'an sebagai obat. bagi yang membacanya.

Ditempat berbeda, Desniati selaku Wakabid Kesiswaan, selalu  mensupport siswanya untuk tampil di Masjid atau Musholla di dekat rumahnya, tujuannya tidak lain adalah untuk membekali diri mereka dengan ilmu agama, sekaligus membentuk karakter agamais berani untuk mensyiarkan ilmu agama yang didapat di madrasah .

Mudah - mudahan melalui kegiatan kultum di bulan Ramadhan ini, semoga dapat menguatkan akhlak para siswa  dalam menyiarkan ajaran yang terkandung dalam Alqur'an, menjadikan mereka siswa yang handal, cerdas dan berahlak mulia ( Siti A).

Bagikan artikel ini:

Artikel Terkait

Noprizal, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Selamat Datang di MTsN 5 Kota Padang

Berlangganan
Banner